Rabu, 19 Januari 2011

Cara Mudah Mengetik Label Undangan Pernikahan dengan Mail Merge

Tutorial Cara Mudah Mengetik Label Undangan Pernikahan dengan Mail Merge. Pernah dengar fasilitas Mail Merge pada Microsoft Word? Hmmm … Sesuai namanya, Mail Merge berarti Surat Penggabungan atau diartikan Surat Massal. Mail Merge adalah tools yang digunakan untuk mengisi form surat yang isinya sama untuk semua tujuan pengiriman. Yang perlu diganti hanyalah alamat tujuan. Misalnya Bapak A, Bapak B, Bapak C, Bapak D, dan seterusnya. Hal ini akan mempermudah pekerjaan. Karena itu, saya membuat tutorial cara mudah mengetik label undangan pernikahan dengan mail merge.

Penggunaan Mail Merge mestinya digunakan pada isi surat, namun kali ini saya menggunakannya untuk mengetik label undangan. Saya menggunakan kerjasama antara Ms. Word dengan Ms. Excel. Jadi ceritanya begini penonton sekalian … *Jiahahaha* Saya akan mengetik daftar nama, jabatan dan alamat pada Ms. Excel. Terus saya akan mengimpor hasil tulisan nama itu ke Ms. Word dengan menggunakan tools Mail Merge. Mudeng ndak?! Jadi ngetiknya di Ms. Excel, tapi ngeprint-nya di Ms. Word.

Kalau cuma 100 hingga 200 nama mungkin agak mudah di Ms. Word. Tapi kalo undangannya 3000 orang? Yakin betah ngedit satu demi satu di Ms Word?

Sebelum menentukan format pengetikan di word, pastikan kita telah tau akan nge-print di label undangan yang isi berapa. Di pasaran, ada label undangan yang isi 10 label per lembarnya. Pilih yang polos dengan model portrait. Jika sudah, lakukan beberapa langkah berikut.

Download file berikut ini :

* Download File Label Undangan 10.Doc <–File Siap Print untuk Label Isi 10 * Download File Label Undangan.Xls <–Source Setelah selesai download, buka File Label Undangan 10.Doc, akan muncul dialog seperti berikut :


Pilih Yes. Lantas akan muncul dialog berikut :


Pilih OK. Muncul lagi :


Pilih OK. Masih akan muncul lagi *Banyaknya muncul!!*:



Pilih Find Data Sources.


Cari letak File Label Undangan.Xls yang telah didownload tadi. Kalo dah dapat klik Open.


Tutorial Cara Mudah Mengetik Label Undangan Pernikahan dengan Mail Merge 7

Pada file Excel tersebut kan banyak sheet yang digunakan. Pilih Sheet yang sahabat telah ketik. Kalo misalnya cuma edit file yang saya sertakan (Tanpa membuat sheet baru), klik ‘$Sheet 1$’. Muncullah hasil ketikan.


Jika ingin melihat bagaimana mesin tersebut bekerja, pilih Mailings pada Toolbars Ms. Word, akan muncul tampilan berikut …


Klik <>, masing-masing simbol <>, <>, <> dan <> adalah rumus yang tidak boleh diganti. Untuk mengembalikan klik lagi <>. Jadi hati-hati … Jangan melakukan perubahan pada rumus ini. Kalau diubah, silakan lihat hasilnya. :mrgreen:

1 komentar: